Affenpinscher


Hai teman-teman Doggy's Home, berikut adalah informasi mengenai anjing Affenpinscher. Nama lain anjing ini adalah Affen, Affie atau Monkey Dog. Anjing ini berasal dari Jerman dan memiliki berbagai warna yaitu hitam (pada umumnya), abu-abu, coklat, belge (campuran merah. coklat, hitam dan putih). 

Anjing kecil yang lucu ini seringkali disebut sebagai anjing monyet (monkey dog), kok bisa sihh?? hal itu karena wajah dari anjing ini memiliki perawakan ekspresi seperti seekor monyet, karena itu masyarakat dari negara asalnya yakni Jerman menamakannya Affe yang berarti monyet. Menurut beberapa sumber Affenpinscher telah dikenal sejak tahun 1600-an dan diduga nenek moyang trah ini adalah dari anjing berjenis Griffon Bruxellois dan Miniature Schnauzer.

Affenpinscher memiliki beberapa karakteristik perangai yang mirip dengan anjing-anjing berjenis terrier, dari bentuk fisiknya hingga perangainya. Namun menurut FCI (Federation Cynologique Internationale) memasukkannya dalam Grup 2, yakni Scnhauzer.

Anjing periang ini senang sekali berada dekat dengan pemiliknya, dan dengan porsi tubuhnya yang relatif kecil tersebut ia pun memiliki kelebihan untuk memburu maupun mengusir hewan-hewan kecil di sekitar rumah, seperti tikus. Ia tergolong sangat aktif, karena itu anjing jenis ini membutuhkan aktivitas yang teratur dari pemilik untuk membuatnya lebih tenang. Banyak pula yang mengatakan bahwa Affenpinscher pun tergolong anjing yang mudah sekali bosan dengan aktifitas yang sama dan berulang-ulang serta membutuhkan kegiatan yang dapat menguras kreatifitas. Karena itu beberapa menggunakan anjing kecil ini sebagai anjing sirkus dan juga akrobatik.

Meskipun memiliki tubuh yang relatif kecil, namun Affenpinscher tergolong anjing yang setia sekali dengan pemiliknya. Di tengah perilakunya yang aktif ia dapat menjadi sangat protektif sekali dengan lingkungan dan juga barang-barang yang “diklaim” telah menjadi miliknya karena itu acapkali terjadi perkelahian dengan pihak lain saat berurusan dengan barang-barang miliknya tersebut.
  
Secara umum anjing Affenpinscher tergolong anjing yang memiliki kesehatan cukup baik namun beberapa kasus kesehatan pada jenis ini adalah seperti penyakit Hip Dysplasia (sejenis penyakit pada organ persendian tulang pinggul), Collapsed Trachea (gangguan pada organ tenggorokan) dan juga beberapa kasus mengenai Katarak.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar